Selasa, 12 Mei 2009

Transference

Dalam dunia Marketing, ada yang disebut sensation transference : proses transfer sensasi. Maksudnya adalah apa yang kita lihat secara visual dalam sebuah produk : packagingnya, desainnya, atau bentuknya, akan menentukan penilaian kita akan image dan kepuasan kita dalam menggunakan produk tersebut.

Sprite pernah memberikan sebuah percobaan. Pada percobaannya ia memberikan kemasan yang berbeda dengan isi yang sama peris pada sekelompok orang. Pada kemasan pertama warna botolnya adalah 100% hijau. Pada kemasan kedua dicampurkan 30% warna kuning pada botolnya. Hasilnya? Sekelompok orang tersebut menyatakan minuman pada kemasan kedua memiliki rasa citrus yang lebih kuat, padahal isinya sama sekali tidak berbeda dengan kemasan pertama!

Percobaan lain menunjukkan bahwa margarine yang dijual di supermarket, yang lebih laku adalah yang berwarna kuning. Ketika sebuah survey dilakukan mengenai perilaku konsumen ini, mereka menyatakan bahwa margarine yang berwarna kuning terlihat lebih lezat dan gurih dibandingkan yang berwarna putih. Ketika dibungkus dengan aluminiun foil, konsumen merasa bahwa margarine ini merupakan barang mahal dan memberikan rasa lebih.

Hal ini menunjukkan, bahwa selain kualitas produk yang ada, konsumen meberikan penilaiannya juga karena adanya pengaruh hal - hal dari luar. Ada yang disebut sebagi sensation transferrence 'transfer sensasi' antara apa yang kita dapatkan dengan apa yang kita rasakan. Misalnya saja kita berhadapan dengan orang yang orang yang bertutur kata halus dan memakai jas rapi, kita akan cenderung berbicara dengan hormat meskipun sebetulnya dia hanya karyawan biasa. Demikian pula bila kita berbicara dengan orang yang memakai jeans belel, dengan kaos dan lagak cuek, kita akan berbicata dengan cuek pula tanpa menyadari bahwa mungkin kita sedang berbicara dengan CEO perusahaan besar internasional!

Demikianlah Mitra Bisnis, dengan menyadari hal ini, kita bisa lebih berhati - hati maupun memanfaatkan sistem sensation transferrence ini. Kita bisa memanfaatkannya untuk membuat diri kita terlihat lebih dan menjadi lebih dihargai oleh orang lain. Namun kita juga harus berhati - hati mengingat adanya kemungkinan orang lain akan melakukan halyang sama dengan memanfaatkan sisten transfer sensasi ini.

Sekian Bisnis Wisdom untuk kesempatan kali ini, sukses selalu untuk bisnis anda!

0 komentar: